Senin, 30 Mei 2016

Tatas: Bahasa Jurnalistik Harus Gunakan Bahasa yang Benar






Banjarbaru – MTsN Satui. “Bahasa jurnalistik harus gunakan bahasa yang benar,” ujar salah satu dari Wartawan Radar Banjarmasin Tatas Dwi Utama saat memberikan materi tentang cara penulisan jurnalistik pada diklat jurnalistik yang diadakan Balai Diklat Banjarbaru, Jumat (27/05/16).
Tatas mengatakan teknik penulisan jurnalistik sudah ada aturan yang baik, sifat dasar teknik jurnalistik tidak perlu berbeli belit dan rumit dan tidak perlu berbunga-bunga. “Tekniknya singkat,  padat, sederhana, jelas dan demokrasi atau yang berlaku umum di masyarkat,”  kata Tatas.
Di hadapan 30 peserta jurnalis Madrasah Tatas menambahkan, teknik penulisan menurut gaya  jurnalistik harus diskriptif  yaitu tulisan yang memaparkan fakta secara detail dengan teknik dan bahasa yang santun, komunikatif namun jernih dan mudah dipahami. “Seorang jurnalis harus membaca satu minggu tiga berita koran untuk mengasah wawasan kita dalam menulis,” tambahnya.
Salah satu peserta dari Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Amuntai Musa Al Hadi  mengatakan pengetahuan para jurnalis madrasah menjadi bertambah khususnya tentang materi teknik yang benar dalam penulisan jurnalistik. “Pembelajaran teknik penulisan jurnalistik dapat memperbaiki  kualitas penulisan berita,” kata Musa.
Humas MTsN Satui H.M.Syairazi, S.PdI selaku peserta pada diklat jurnalistik tersebut mengatakan materi yang disampaikan Tatas menambah ilmu tentang teknik penulisan jurnalistik karena langsung dipaparkan secara panjang lebar oleh orang yang kompeten dan senantiasa bergelut di dunia media cetak yaitu koran Radar Banjarmasin. “Teknik penulisan jurnalistik akan menambah wawasan para jurnalis madrasah semakin mantap,” ujar Syairazi. (Rep/ Ft: Razi)

0 komentar:

Posting Komentar